Posted by admin1 Artikel

Dampak Buruk Tekanan Ban Mobil yang Tidak Sesuai Standar

Tekanan angin pada ban merupakan sesuatu yang sangat penting namun seringkali diabaikan oleh pemilik kendaraan. Ini karena ban yang merupakan bagian dari komponen kaki-kaki mobil ini sangat diperlukan agar mobil tetap berjalan dengan keadaan yang normal. Membiarkan kondisi ban mobil dalam keadaan kempes atau tidak memiliki tekanan angin yang baik akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kendaraan, terutama pada kondisi komponen kaki-kaki mobil lainnya.

Seperti yang disampaikan oleh Sales and Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Yasuhiro Ukegawa, dalam kampanye mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, melalui ban atau Tire Safety Campaign. Menurutnya, pengendara selalu diimbau untuk selalu memperhatikan kondisi tekanan angin pada mobilnya agar selalu dalam keadaan yang dianjurkan. Jika tidak, maka kondisi ban mobil yang tidak sesuai standar ini akan mengakibatkan :

  1. Keausan ban yang lebih cepat atau tidak merata

Jika mobil dikendarai dalam keadaan tekanan ban yang kurang maka akan mengakibatkan timbulnya keausan yang lebih cepat karena kinerja ban yang lebih berat gesekannya dengan jalanan. Sedangkan jika mobil di kendarai dalam keadaan tekanan angin yang berlebihan dapat membuat keausan ban menjadi tidak merata karena permukaan ban yang bersentuhan dengan jalanan menjadi lebih sedikit.

  1. Boros bahan bakar (BBM)

Kondisi ban mobil yang dibiarkan kempes dapat membuat kinerja ban menahan beban kendaraan menjadi lebih berat dan berakibat pada borosnya konsumsi bahan bakar (BBM).

  1. Kerusakan pada struktur ban dan komponen kaki-kaki mobil lainnya

Jika ban yang memiliki tekanan angin tidak tepat dipaksa untuk melaju di jalanan, terutama jalanan yang rusak atau bergelombang akan membuat struktur pada ban dan kaki-kaki mobil lainnya menjadi rusak. Ini karena benturan yang diterima ban akan langsung berdampak pada velg ban dan komponen kaki-kaki mobil yang kemudian dapat menimbulkan kerusakan, baik itu kerusakan ringan maupun kerusakan berat.

Nah untuk menghindari masalah diatas itulah mengapa bagi setiap pemilik kendaraan senantiasa diimbau untuk selalu mengecek kondisi tekanan ban kendaraan Anda setiap kali akan melakukan perjalanan.

Namun, jika kondisi ban atau kaki-kaki mobil Anda sudah terlanjur rusak atau mengalami masalah kaki-kaki mobil, maka segeralah bawa kendaraan Anda ke bengkel onderstel terdekat untuk dilakukan penanganan. Mengapa harus bengkel onderstel? Karena di bengkel onderstel Anda akan menerima pelayanan yang lebih baik, sebab di bengkel onderstel hanya akan berfokus untuk perbaikan masalah kaki-kaki mobil. Sehingga teknisi bengkel onderstel dapat lebih terpercaya dalam hal penanganan kaki-kaki mobil dibandingkan teknisi di bengkel umum lainnya.

Tags: , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *