Posted by admin1 Artikel

Waspadai Kaki Kaki Mobil Yang Sering Rusak

Pernahkah anda merasakan gejala yang tidak nyaman pada stir mobil anda saat berkendara? Jika iya,berarti saatnya anda mengontrol kondisi kaki kaki mobil milik anda. Selain sangat berpengaruh pada kenyamanan stir, juga untuk menjaga keselamatan diri anda sendiri. Kondisi kaki kaki mobil yang rusak jika dibiarkan saja bisa fatal akibatnya. Oleh sebab itu kenali dan perhatikan kondisi kaki kaki mobil anda mulai sekarang. Komponen kaki kaki mobil cukup banyak dan menurut sistem suspensinya sendiri juga ada beberapa macam. Tapi pada kesmpatan kali ini akan membahas beberapa komponen kaki kaki mobil yang sering mengalami kerusakan saja.

Berikut komponen kaki kaki mobil yang sering rusak :

  1. Ball Joint

Ball Joint adalah komponen kaki kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara sayap (arm) dengan knuckle roda. Selain itu Ball Joint ini memiliki fungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kanan dan ke kiri. Posisinya berada menempel pada sayap langsung tapi ada juga yang dipasang menggunakan baud. Dalam satu roda depan ada yang menggunakan dua buah Ball Joint atas dan bawah,tetapi ada juga yang menggunakan satu buah Ball Joint bawah saja. Ball Joint merupakan komponen kaki kaki mobil yang sering rusak karena fungsinya atau kerjanya yang sangat berat dan terus menerus. Gejala yang ditimbulkan jika Ball Joint rusak adalah terdengar bunyi gluduk gluduk saat mobil berjalan dijalan yang tidak rata (jalan rusak). Untuk memeriksanya,dongkrak roda depan yang akan dilakukan pemeriksaanàkemudian goyangkan roda ke atas dan kebawah sedikit menyerong. Rasakan apakah ada kocak pada Ball Jointnya,jika ada dapat dipastikan Ball Jointnya rusak.

  1. Tie Rod

Tie Rod adalah komponen kaki kaki mobil yang berfungsi menghubungkan antara Rack End stir dengan roda. Mobil dapat bergerak ke kanan dan ke kiri karena Tie Rod yang berhubungan dengan sistem stir.  Jadi jika Tie Rod ini rusak akan sangat terasa pada stir yang kita kendalikan .Masing masing roda depan memiliki satu Tie Rod tetapi ada juga beberapa mobil yang menggunakan dua buah Tie Rod dalam satu dora (satu Tie Rod terhubung dengan Roda satunya lagi tehubung dengan tangan gareng).Gejala yang ditimbulkan jika Tie Rod rusak,stir akan terasa tidak stabil seperti oleng ke kanan dan ke kiri,selain itu juga stir akan terasa sedikit bergetar jika tie rod rusak,dan akan menimbulkan bunyi kletek kletek saat berbelok. Untuk memeriksanya anda harus mendongkrak roda depan,kemudian menggoyangkan kesamping kanan dan kiri,jika terasa kocak berarti Tie Rod rusak.

  1. Rack End

Rack End ini berfungsi untuk menghubungkan antara Warm Stir dengan Tie Rod,selain itu Rack End juga berfungsi untuk mengatur tingkat kestabilan roda. Stabil artinya,Rack End berperan untuk mengatur tingkat kelurusan roda agar mobil dapat berjalan dengan lurus. Biasa diatur saat anda melakukan spooring orda mobil. Jika Rack End rusak gejalanya hampir sama dengan Tie Rod,untuk itu saat anda memeriksa Tie Rod perhatikan juga apakah yang rusak Tie Rodnya atau Rack Endnya.

Tags: , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *